Daftar Blog Saya

Jumat, 06 Mei 2011

Bidat dan ajaran Sesat



A. PENGERTIAN

1. Bidat dalam bahasa Yunani kuno memiliki pengertian ‘memilih’, ‘perbedaan pendapat’

2. Bahasa Arab : Suatu ajaran atau aliran yang menyimpang dari ajaran resmi

3. Berkhof dan Enklar : “Bidat ditinjau dari sudut sejarah adalah persekutuan Kristen (yang kecil) yang dengan sengaja memisahkan diri dari gereja besar ( resmi ) dan ajarannya menekankan Iman Kristen yang berat sebelah, sehingga teologia dan praktek kesalehannya pada umumnya membengkokkan kebenaran Injil

4. Jadi Bidat adalah pandangan yang salah tentang apa yang wajib diimani.

B. CIRI-CIRI BIDAT

1. Mengemukakan kebenaran baru

Contoh : Tokohnya mengklaim dirinya telah mendapatkan wahyu yang baru dari Allah. Yoseph Smith mengajarkan umat Kristen telah murtad selama hampir 18 abad, sampai pada waktu Allah menyatakan ‘kebenaran baru’ pada Yoseph Smith

2. Mengemukakan cara penafsiran baru

Contoh : Pendiri Children of God menafsirkan bahwa kelahiran Kristus adalah hubungan sex antara Allah Bapa dengan Maria dan tenaga sexnya adalah Roh Kudus.

3. Mengemukakan sumber otoritas non alkitabiah

Contoh : A. Mormon = The Book of Mormon; The Pearl of Great Price; Doctrines and Covenants. B. Christian Science = The Key to The Scripture.

4. Mengemukakan Yesus yang lain

Contoh : A. Saksi Yehova = Yesus bukan Allah tetapi ciptaan Allah.

5. Mengemukakan doktrin non ortodoks

Doktrin Ortodoks mengakui Alkitab adalah Firman Allah; Yesus adalah Allah 100% dan manusia 100%. Children of God =tidak mengakui Yesus adalah Allah. Gnostikisme ( bidat abad mula-mula ) = tidak mengakui Yesus sebagi manusia ( Firman menjadi manusia ).

6. Mengemukakan kepalsuan

Contoh : A. Saksi Yehova menyatakan bahwa kedatangan Yesus yang kedua kali akan terjadi pada tahun 1874, kemudian menjadi 1914, 1918,1920, 1972, 1999.

7. Mengkultuskan pimpinan bidat

Pengikut Sun Myung Moon ( Unification of Church ) dari Korea mengakui Moon sebagai bapa dan Tuhan yang pernah bertemu dengan Yesus, Abraham, Musa, Petrus dan Paulus, bahkan pernah bertemu dengan John Wesley, Khong Fu Chu, Budha dan sebagainya.

8. Memiliki semangat yang tinggi dalam penyebaran ajaran ( militan )

Pemberita Saksi Yehova dengan tekunnya dan berani mendatangi rumah-rumah orang Kristen bahkan para aktivis/ pemimpin gereja untuk memberitakan ajarannya.

9. Tidak menunjukkan buah roh

Yoseph Smith ditembak mati dipenjara oleh orang tua dari salah satu istrinya yang berjumlah 47 orang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar